Dropsis Blog
Dropsis Blog

Pembelajaran Linux (CAI - Computer Aided Instruction)

Diposting oleh filan89 Selasa, 06 April 2010

Linux Untuk Pembelajaran Berbantuan kompuer (CAI - Computer Aided Instruction)
Di linux sendiri juga ada CAI misalnya Distro Linux : Karoshi 5.2 beta Live-CD/Server, Edubuntu, Freeduc, mau pun Zenedu dan masih banyak lagi.
Tersedia berbagai macam aplikasi program CAI misalnya Gcompris bagus buat pendidikan anak pra-TK dan TK dan masih banyak lainnya yang berbasiskan CAI (Maxima, scilab, tuxpaint, Stellarium, garlic… dst.).
Sedangkan program aplikasi di linux yang mengandung CAI. Misalnya, untuk Astronomi : Stellarium dan KStar. Untuk Kimia: evogadro, garlic, Kalzium, bkchem, gElemental, ghemical. Untuk Matematika : Maxima, ExtCalc, scilab, GAP computer algebra system, gnuplot, gonvert, octave, SAGE computer algebra system, yacas. Untuk Fisika : elmer, openflower, phet, Resistor. Untuk Biologi : Misalnya, biologi molekuler (Virus, Protein, dan DNA ) juga tersedia. Dan berbagai permainan serta Edutaintment: Gcompris, tuxmath, tuxpain, tuxtype dan GNU Chess.
Dan Learning Management System atau Course Management System tersedia Atutor (Learning Content Management System yang dikembangkan oleh Adaptive Technology Resource Centre University of Toronto), Claronline (software e-learning yang memungkinkan guru untuk membangun web online course yang efektif), Dokeos (LMS yang telah digunakan di lebih dari 600 perusahaan dan administrasi publik sebagai sarana elearning), .LRN (software e-learning popular yang awalnya dikembangkan oleh MIT dan saat ini telah digunakan di berbagai lembaga pendidikan, non-profit atau pun pemerintahan), efront (software eLerning dan Human Capital Development yang dikembangkan oleh EPIGNOSIS LTD), Olat (LMS berbasis Web yang dikembangkan oleh University of Zurich pada tahun 1999), ILIAS (LMS kaya fitur yang memungkinkan pengelolaan pembelajaran online dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat), moodle (salah satu LMS terpopuler di dunia open source dan sampai Maret 2008 terdapat lebih dari 41 ribu situs yang terdaftar menggunakan moodle, dengan jumlah guru lebih dari satu juta).

0 komentar

Posting Komentar

translate

http://www.keajaibanfacebook.com /member/lannna.php

jam..

Blog Archive

Daftar Blog Saya