Dropsis Blog
Dropsis Blog

Sarana TI merupakan peralatan electronik terdiri dari hardware, software, dan peralatan komunikasi yang dapat diimplementasikan untuk kegiatan-kegiatan Perusahaan yang memerlukan kecepatan dan keakuratan dalam memperoleh maupun memberikan informasi berkualitas yang diperlukan dalam interaksi bisnis.
Hardware terdiri dari peralatan input, pengolah, memory, peralatan output, peralatan komunikasi.
Peralatan input adalah peralatan yang digunakan untuk memasukkan data, misalnya Keyboard, scanner, mouse, dll.
Alat pengolah adalah peralatan yang digunakan untuk mengolah data.
Pengolah adalah media untuk mengolah data seperti CPU
Memory adalah alat untuk menyimpan data.
Peralatan output adalah peralatan yang digunakan untuk mengeluarkan informasi yang dihasilkan. misalnya monitor, printer, dll.
Peralatan komunikasi adalah peralatan yang digunakan untuk mengkomunikasikan data dari lokasi ke lokasi lain.
Sofware merupakan media komunikasi antara hardware dan user agar dapat berinteraksi.

Implementasi TI dapat diterapkan pada kegiatan bisnis, kegiatan perkantoran, kegiatan komunikasi, kegiatan pelatihan dan kegiatan lain yang berbasis komputer hingga kehidupan sehari-hari.
Jaringan yang berbasis TI adalah Internet, Intranet, Extranet, yang merupakan sarana komunikasi modern dan dapat digunakan untuk saling bertukar data.
Dengan melalui media ini kita dapat membangun kerjasama dan berintegrasi satu dengan lainnya dalam pencapaian tujuan bisnis. Terbentuknya kerjasama dan terintegrasian akan meningkatkan kompetensi SDM dalam penyelesaian tugas.
Dengan pesatnya perkembangan penggunaan Internet saat ini, dan salah satu contohnya dalam program yang diterapkan di perusahaan saya, bagaimana data dapat tersedia setiap saat dimanapun kita berada kemudian direksi dapat memberikan materi-materi kebawahan melalui milis internal perusahaan dan secara otomatis memaksa seluruh karyawan untuk mengerti dan meningkatkan kompetensinya khusunya di teknologi informasi. Dan perusahaan akan mengubah cara bagaimana personalias menerapkan pelatihan untuk bisa meningkatkan kompetensi SDM. Semakin banyaknya karyawan (SDM) yang mengggunakan Komputer dan telah mengakses ke Internet, maka dunia web sebagai sarana akan dapat mendistribusikan pelatihan kepada para karyawan (SDM). Jadi dengan melalui dunia web, maka para karyawan akan bertambah pengetahuannya yang dapat mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukannya. Keistimewaan Internet dalam penggunaannya untuk penyebaran informasi maupun kebutuhan pelatihan adalah dapat menjangkau lokasi yang jauh dan secara on line. Keuntungan lain bila pelatihan melalui web adalah pelatihan dapat diperbaharui sesuai perkembangan global dan dapat dikomunikasikan secara cepat dan mudah kepada para karyawan (SDM), sehingga kompetensi para karyawan (SDM) akan semakin bertambah.
Implementasi TI tidak hanya untuk kebutuhan pelatihan jarak jauh saja, tetapi dapat digunakan untuk kepentingan-kepentingan lainnya ( Sistem Informasi Manajemen, jurnalistik, telekomunikasi, informasi hasil penelitian, perhitungan, e-commerce, e-business, dll ).

Teknologi informasi semakin bertambah maju dengan pesat dalam kemampuannya mengolah data menjadi informasi penting yang diperlukan dalam interaksi bisnis bagi perusahaan. Teknologi informasi menunjang sekali dalam mempercepat proses bisnis yang dijalankan perusahaan. Kecepatan dan keakuratan yang diciptakan TI akan meningkatkan kompetensi SDM dalam menyelesaikan tugas dengan produktivitas dan kualitas yang tinggi.

Implementasi TI dapat meningkatkan kompetensi SDM dalam kecepatannya dan keakuratannya dalam menyelesaikan tugas, misalnya pada ;
- Sistem Informasi Manajemen Pemasaran
- Sistem Informasi Manajemen Akuntansi
- Sistem Informasi Manajemen Produksi
- Sistem Informasi Manajemen Keuangan
- Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia
- Otomatisasi Perkantoran (Email, Facsimile, Konferensi audio, Konferensi video, Videotex, Konferensi komputer, Komputerisasi dokumen, Voice mail, Desktop publishing, pekerjaan administrasi)
- Interaksi melalui Internet, Intranet, Extranet
- Enterprise Resource Planning
- Pembuatan Program-program strategis.
- Keperluan penganalisaan
- Keperluan perhitungan
- Keperluan design
- Keperluan pengendalian suatu proses
- Keperluan Presentasi
- Keperluan e-business

Peningkatan kompetensi SDM.
Peningkatan kompetensi SDM di Perusahaan sangat mendukung sekali untuk kemajuan Perusahaan yang terlibat dalam persaingan bisnis. SDM merupakan Brainware yang selalu mengeluarkan ide-ide penting untuk kemajuan Perusahaan. Gagasan-gagasan selalu dikembangkan oleh SDM yang profesional dalam memajukan Perusahaan. Oleh karena itu SDM perlu ditingkatkan kompetensinya secara terus menerus untuk menyesuaikan perkembangan ekonomi dan teknologi. Dunia sekarang ini dan di masa yang akan datang selalu menginginkan proses kegiatan yang serba cepat dan akurat, maka untuk itu perlu sarana TI dalam proses kegiatan yang dilakukan tersebut. Kecepatan dan keakuratan dalam menyelesaikan tugas merupakan peningkatan kompetensi SDM. Kompetensi SDM meningkat, maka produktivitas dan kualitas akan meningkat. Peningkatan produktivitas dan kualitas akan meningkatkan Profitability perusahaan. Peningkatan Profitability akan membawa Karyawan (SDM) lebih sejahtera dan akan memperoleh nilai kompensasi yang sesuai (Employee satisfaction). Jadi dengan meningkatnya kompetensi SDM , maka akan diikuti dengan meningkatnya nilai kompensasi bagi SDM itu sendiri.

Para karyawan (SDM) dituntut harus dapat beradaptasi dengan adanya perubahan strategis di lingkungan bisnis. Implementasi TI sangat menunjang sekali dalam penyelesaian tugas secara cepat dan akurat. Kecepatan dan keakuratan dalam penyelesaian tugas merupakan ciri peningkatan kompetensi SDM.
Seseorang (SDM) dikatakan mempunyai kompetensi, antara lain bila ;
- Mampu menyelesaikan tugas dengan cepat dan akurat
- Mampu menganalisis masalah dengan jitu
- Mampu mengolah data menjadi informasi secara cepat dan akurat
- Dapat menyampaikan hasil penelitian secara tepat dan teruji
- Melakukan kegiatan secara efektif dan efisien.
- Mampu meningkatkan produktivitas dan kualitas
- Mampu meningkatkan profitability perusahaan
- Mampu menjalankan e-commerce, e-business secara profesional
- Mampu berkomunikasi dengan baik

Aktivitas bisnis saat ini berlangsung begitu cepat, maka dituntut adanya peningkatan kompetensi SDM dalam menghadapi perkembangan bisnis saat ini maupun yang akan datang. Dengan mengimplementasikan TI secara optimal, maka akan meningkatkan kompetensi SDM dalam kecepatan dan keakuratannya menyelesaikan tugas / kegiatan.
Dengan meningkatnya kompetensi SDM, maka akan membawa Perusahaan mencapai tujuannya.

Kesimpulan ;
- Sistem Informasi Manajemen merupakan salah satu implementasi TI yang akan mempercepat mengolah data menjadi informasi yang diperlukan manajemen dalam menjalankan fungsinya. Kecepatan dan keakuratan dalam menjalankan fungsi merupakan peningkatan kompetensi SDM.
- Pelatihan melalui sarana web dapat menambah pengetahuan dan meningkatkan kompetensi SDM
- Internet merupakan sarana untuk mendapatkan informasi terkini untuk menambah pengetahuan dan dapat digunakan untuk pelatihan jarak jauh bagi para karyawan (SDM) yang membutuhkan.
- Intranet dan extranet akan mendukung kelancaran komunikasi dan selanjutnya dapat meningkatkan kompetensi karyawan (SDM) dalam upaya meningkatkan produktivitas dan kualitas.
- Implementasi TI akan meningkatkan kompetensi SDM dalam menuntaskan tugas / kegiatan secara cepat dan akurat.
- Otomatisasi perkantoran akan meningkatkan kompetensi karyawan (SDM) dalam meningkatkan produktivitas kerja dan kualitas kerja.
- Kompetensi SDM yang unggul akan mampu mengatasi persaingan bisnis saat ini maupun yang akan datang baik di tingkat lokal maupun global.

Referensi: http://madin0667.blogspot.com/2007/08/strategi-implementasi-ti-dalam.html

0 komentar

Posting Komentar

translate

http://www.keajaibanfacebook.com /member/lannna.php

jam..

Blog Archive

Daftar Blog Saya